Ciri-ciri strategi Pembelajaran
Inkuiri
Ada beberapa hal yang menjadi ciri utama strategi
pembelajaran inkuiri. Wina Sanjaya membaginya menjadi tiga ciri utama, yakni:
1.
Srategi
inkuiri menekankan pada aktivitas siswa secara maksimal untuk mencari dan menemukan,
artinya siswa ditempatkan sebagai subjek belajar. Dalam proses pembelajaran,
siswa tidak hanya berperan sebagai penerima pelajaran melalui penjelasan guru
secara verbal, tetapi mereka berperan untuk menemukan sendiri inti dari materi
pelajaran itu sendiri
2.
Seluruh
aktivitas yang dilakukan siswa diarahkan untuk mencari dan menemukan jawaban
sendiri dari sesuatu yang dipertanyakan, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan
rasa percaya diri (self belief). Dengan
demikian, strategi pembelajaran inkuiri menempatkan guru bukan sebagai sumber
belajar, akan tetapi sebagai fasilitator dan motivator be;ajar siswa.
3.
Tujuan
dari penggunaan strategi pembelajaran inkuiri adalah mengembangkan kemampuan
berpikir secara sistematis, logis dan kritis, atau mengembangkan kemampuan
intelektual sebagai bagian dari proses mental. Dengan
demikian, dalam strategi pembelajaran inkuiri siswa tak hanya di tuntut agar
menguasai materi pelajaran, akan tetapi bagaimana mereka dapat menggunakan
potensi yang dimilikinya. Manusia yang hanya menguasai pelajaran belum tentu
dapat mengambangkan kemampuan berpikir secara optimal; namun sebaliknya, siswa
akan dapat mengembangkan kemampuan berpikirnya manakala ia bias menguasai
materi pelajaran
Sasaran Utama Strategi Pembelajaran
Inkuiri
Seperti yang dijelaskan dari ciri
proses pembelajaran inkuiri di atas, Wina Sanjaya menyatakan bahwa tujuan utama
pembelajaran menggunakan strategi inkuiri adalah menolong siswa untuk dapat
mengembangkan disiplin intelektual dan keterampilan berpikir dengan memberikan
pertanyaan-pertanyaan dan mendapatkan jawaban atas dasar rasa ingin tahu
mereka.
Strategi pembelajaran inkuiri merupakan bentuk dari
pendekatan pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. Dikatakan demikian,
sebab dalam strategi ini siswa memegang peran yang sangat dominan dalam proses
pembelajaran.
Strategi pembelajaran inkuiri akan efektif manakala?
1. Guru
mengharapkan siswa dapat menemukan sendiri jawaban dari suatu permasalahan yang
ingin dipecahkan. Dengan demikian dalam strategi inkuiri penguasaan materi
pelajaran bukan sebagai tujuan utama pembelajaran, akan tetapi yang lebih
pentingkan adalah proses belajar.
2. Jika
bahan pelajaran yang akan diajarkan tidak berbentuk fakta atau konsep yang
sudah jadi, akan tetapi sebuah kesismpulan yang perlu pembuktian.
3. Jika
proses pembelajaran berangkat dari rasa ingin tahu siswa terhadap sesuatu.
4. Jika
guru akan mengajar pada sekelompok siswa yang rata-rata memiliki kemauan dan
kemampuan berpikir. Strategi inkuiri akan kurang berhaasil diterapkan kepada siswa
yang kurang memiliki kemampuan untuk berpikir.
5. Jika
jumlah siswa yang belajar tak terlalu banyak sehingga bias dikendalikan oleh
guru.
6. Jika
guru memiliki waktu yang cukup untuk menggunakan pendekatan yang berpusat pada
siswa.
Punya E-Wallet???
BalasHapusMau bonus setiap harinya dengan deposit E-Wallet??
Mari join bersama kami di Museum Poker
Info hub
WA : 0822 6793 2581