Selasa, 11 Oktober 2016

MENGENALI PIKIRAN MANUSIA


Pikiran manusia diibaratkan sebagai software atau progam yang mengatur sebagian besar tindakan dan perilaku manusia. Fungsi vital itulah yang menggelitik saya untuk mengajak anda mempelajari sumber daya pikiran manusia yang luar biasa dalam diri kita dan sudah disediakan oleh Tuhan bgi setiap individu dengan kapasitas yang sangat besar jika kita tahu cara pemanfaatannya. Oleh karena software otak yang berupa berbagai program pikiran yang dimiliki manusia menjadi tiga kelompok. Mari kita kenali terlebih dahulu bagian-bagian pikiran mnusia beserta peran dan kegunaannya masing-masing. Dengan demikian, kita bisa memilih dan menginstal program yang tepat, pada saat yang tepat, dan dalam kapasitas yang tepat pula.
A.   Pikiran Sadar
Pikiran sadar adalah bagian pikiran manusia yang penggunaannya selalu kita sadari. Oleh karena selalu kita sadari, kita cenderung bisa mengontrolnya sesuai dengan kehendak kita pada kapasitas tertentu. Pikiran adar sendiri memiliki lima fungsi bagi diri manusia, yaitu analitis, rasional, will power, ingatan sementara, dan area kritik.
1.     Anlitis
Analitis yang berarti pikiran sadar manusia berfungsi untuk mengenali masalah dan bertugas untuk membuat solusi terhadap masalah tersebut.
2.    Rasional
Bertugas memberikan alasan mengapa kita melakukan atau tidak melakukan sesuatu.alasan yang dibuat oleh pikiran rasional manusia hampir semuanya tidak tepat, tetapi selalu terdengar bagus dan menenangkan. Semua tindakan, pemikiran dan pemahaman kit pasti didasarkan oleh sebuah alasan tertentu, yang merupakan karya cipta rasional kita.
3.    Will Power
Will power bisa didefinisikan sebagai keinginan yang meluap sesaat dan hilag dlam sekejap juga. Dalam sejarah manusia, dengan hanyaberbekal will power saja tidak mungkin seseorang mencpai perubahan permanen dalam hidupnya.
4.    Ingatan sementara
Pikiran sadar manusia tidak di desain untuk menyimpan semua memori secara bersamaan. Pikiran sadar manusia memiliki fungsi pikiran sementara, yang artinya pikiran sadar hanya mepertahankan informasi dan ingatan yang cenderung penting untuk kehidupan kita saat ini.
5.    Area Kritik
Pikiran sadar manusia juga memiliki filter yang berfungsi menyaring informasi dari luar sebelum akhirnya diputuskan untuk diterima atau ditolak oleh diri seseorang secara utuh. Filter pikiran sadar manusa disebut dengan area kritik.

B.    Pikiran Bawah Sadar
Pikiran bawah sadar adalah bagian pikiran manusia yang penggunaannya jarang kita sadari.
1.     Ingatan Permanen
Ingatan permanen adalah gudang penyimpanan semua informasi yang dimiliki manusia selama hidupnya meliputi kejadian warna, bau, rupa, sensasi, suhu, dan sebagainya tidak ada yang kita lupakan.

2.    Emosional
Fungsi emosional merupakan fungsi yang paling primitif dan sederhana karena tidak menggunakan pola pikir dan analisa rumit untuk menjalankannya.
3.    Kebiasaan
Pada awalnya manusia belajar pada level sadar hingga akhirnya hesil dari proses pembelajarannya berubah menjadi kebiasaan dan berubah menjadi bagian pikiran bawah sadar.
4.    Malas
Pada dasarnya, pikiran bawah sadar manusia memiliki sifat sangat malas. Malas yang dimaksud pada pembahasan kali ini adalah pikiran bawah sadar menyukai semua hal yang tanpa usaha.
5.    Perlindungn Diri
Pikiran bawah sadar juga memiliki fungsi perlindungan diri. Apapun yang dipersepsikan pikiran bawah sadar sebagai bahaya bagi diri kita, pikiran bawah sadar akan mempengaruhi tindkan, pol pikir, atau perilak kita untuk menyelamatkan diri tentu saja dengan versi pikiran bawah sadar.

C.    Pikiran Tidak Sadar
Bagian pikiran yang dengan atau tanpa perlu kita sadari keberadaannya tetap menjalankan semua fungsinya.
1.     Fungsi Tubuh Otomatis
Pikiran tidak sadar memiliki fungsi mengatur berbagai kagiatan organ tubuh yang bersifat otomtis. Beberapa contohnya adalah aliran darah, detak jantung, pernapasan, dan fungsi pencernaan.
2.    Kekelan Tubuh
Sistem kekeblan tubuh atau imunitas juga merupakan fungsi dari pikiran tidak sadar. Buktinya, saat kita balita, tentunya belum terbentuk berbagai fungsi pikiran sadar. Namun, tubuh kita tetap mampu membuat antibodi bagi setiap penyakit atau virus yang pernah menyerang tubuh kita. Kita tidak pernah tahu berapa banyak bakteri dan virus yang menyerang kita, tetapi kita tetap dijaga dan dilindungi oleh sistem kekebalan tubuh kita.
3.    Memori Kehidupan Lampau
Pada sebagian kepercayaan, ada yang meyakini bahwa kehidupan manusia atau makhluk hidup lainnya memiliki lingkaran kehidupan yang terus berputar. Bisa jadi, kehidupan kita sekarang merupakan lanjutan dari siklus beberapa kehidupan kita pada masa lampau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar