Rabu, 28 Desember 2016

CITA-CITA


CITA-CITA
A.    Definisi cita-cita
Setiap individu pasti mempunyai cita cita. Individu satu dengan yang lainya mempunyai cita cita yang berbeda. Mreka yang mempunyai cita cita pastilah ingin mengejar sampai ia meraih cita cita itu. Seperti pepatah “kejarlah cita cita sampai setinggi langit”. Definisi pepatah tersebut bukan berarti kita harus pergi ke langit, tetapi mengejar cita cita itu perlu perjuangan dan perjuangan. Maka kejarlah cita citamu sampai anda benar benar berhasil meraihnya.
Setelah ulasan sedikit di atas akan di bahas definisi dari cita cita. Cita cita adalah suatu impian dan harapan seseorang akan masa depanya, ada juga yang mengartikan bahwa cita cita adalah tujuan hidup dan ada juga yang menganggap cita cita itu hanyalah mimpi belaka.
Cita cita sebagai tujuan hidup di definisikan bahwa cita cita di jadikan sebagai bahan bakar yang akan terus membakar semangat untuk melangkah maju dengan tujuan hidup yang jelas dan untuk mencapai kesuksesan.
Sebaliknya orang yang menganggap cita cita adalah mimpi ialah mereka yang sangat merugi. Mengapa demikian? Karena bagi mereka cita cita tak lebih dari khayalan atau mimpi pengantar tidur tanpa api yang dapat membakar keinginan untuk melangkah maju.
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia cita cita adalah keinginan,harapan,tujuan yang selalu ada dalam fikiran.
Dari definisi di atas dapat di simpulkan bahwa cita cita adalah suatu keinginan yang selalu di dambakan seseorang, yang muncul dari hati mereka dan tekad untuk mencapai kesuksesan di masa depan.



B.     Manfaat cita-cita

Kita mungkin sudah bisa menyadari betapa pentingnya mempunyai cita cita. Hal tersebut harus di imbangi dengan usaha untuk mrnggapainya. Manusia tanpa cita cita di ibaratkan air yang mengalir dari pegunungan menuju dataran rendah, mengikuti kemana saja alur sungai membawanya. Untuk mencapai cita cita pu harus di sertai kerja keras dan pantang menyerah. Kalu di bayangkan, percuma saja bukan, punya cita cita tapi tidak mau bekerja keras.
Di bawah ini sebab dan manfaat adanya cita cita sebagai berikut :
1.    Cita cita sebagai tumpuan.
Dengan bercita cita ia akan menjadi satu tumpuan atau focus dalam mendapatkan sesuatu dalam kehidupan. Seperti sebuah perjalanan tentunya kita punya tujuan dan lokasi yang telah di tetapkan.
2.    Cita cita sebagai rancangan.
Dengan adanya cita cita ia akan mendidik dan mengajari dalam membuat suatu rancangan atau gambaran masa depan. Karena kita sudah mengetahui pentingnya merancang sesuatu terlebih dahulu. Tanpa suatu rancangan berarti kta merencanakan kegagalan.
3.    Cita cita sebagai kekuatan dan kelemahan diri.
Dengan bercita cita kita akan mengetahui kekuatan dan kelemahan diri kita sendiri. Mengetahui kekuatan diri lebih mudah daripada mengetahui kelemahan diri. Dengan mengetahui kelemahan diri maka kita dapat segera memperbaiki kelemahan tersebut.
4.    Cita cita sebagai kisah penggambaran atau pengalaman berharga.
Dalam mencapai cita cita pastinya penuh dengan liku liku dan cobaan. Hal ini bukan hanya sebagai bahan cerita tetapi dapat dijadikan satu pelajaran yang berguna untuk masa depan kelak. Pengalaman berharga untuk diri sendiri sekaligus untuk orang lain.
5.    Cita cita sebagai prangsang.
Dengan tergenggam cita cita ditangan, ia akan menjadi perangsang dan motivasi untuk mencapainya. Ia akan mendatangkan satu momentum yang kuat dalam diri untuk terus berusaha dan berusaha.
                       

Dari uraian di atas dapat di ambil kesimpulan manfaat cita cita adalah:
1)         Adanya jalan atau arah yang jelas. Tujuanya yaitu mengejar cita cita dan berusaha sekuat mungkin untuk mengejar cita cita tersebut.
2)         Mental dan niat semakin terasah dengan melawan segala hambatan cita cita.
3)         Terus belajar dan berlatih. Seiring dengan adanya cita cita yang kuat kita akan berusaha meningkatkan kemampuanya dengan belajar dan berlatih.

C.     Tujuan Cita-cita
Tujuan cita cita dapat diibaratkan seperti membangun rancangan bangunan kehidupan seseorang. Tujuanya yaitu bangunan yang tersusun dari batu bata keterampilan,semen ilmu,dan pasir potensi diri.
Di samping cita cita mempunyai manfaat cita cita juga mempunyai tujuan.
Tujuan cita cita adalah sebagai berikut :
1.    Cita cita memberi kita harapan.
Dengan memiliki cita cita berarti kita memiliki harapan, ini sangat penting karena itu kita harus memiliki cita cita agar mempunyai harapan dalam hidup.
2.    Cita cita membuat kita peka terhadap arah.
Tanpa adanya cita cita kita tidak tahu kemana kitamelangkah. Arah bias kita artikan sebagai tindakan. Tindakan yang kita lakukan sesuai cita cita yang kita impikan.
3.    Cita cita memberi kita semangat.
Setiap orang akan sangat bersemangat jika bias meraih sesuatu yang bernilai baginya. Karena itu dengan memiliki cita cita orang akan menjadi lebih semangat. Dalam berbagai hal, cita cita akan member semangat yang menyala nyala kepada pemiliknya. Inilah yang menyebabakan orang yang memiliki cita cita biasanya punya semangat tinggi.

4.    Cita cita membuat kita fokus.
Cita cita membuat kita fokus pada apa yang harus kita harus kita lakukan. Jika kita sudah fokus maka kita bisa memprioritaskan serta berkomitmen untuk melaksanakanya. Cita cita juga menolong kita untuk menyeleksi mana kebiasaan yang perlu di singkirkan dan mana yang perlu di pertahankan.
                        Dari uraian di atas dapat di simpulkan bahwa tujuan cita cita adalah :
1.    Memberikan tujuan dan harapan serta impian hidup.
2.    Sebagai pengarah untuk melangkah maju.
3.    Penyemangat untuk meraih sesuatu.
4.    Sebagai titik fokssus yaitu kesuksesan hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar